Categories
Teknologi

Isra Miraj Trending di X Twitter, Linimasa Banjir Doa dan Ucapan dari Warganet

bachkim24h.com, Jakarta – Hari ini, Kamis (2 Agustus 2024), umat Islam di seluruh dunia merayakan hari raya Islam dengan penuh antusias.

Isra Miraj adalah dua perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam. Isra sendiri artinya perjalanan malam, sedangkan Miraj artinya pendakian ke atas melalui tangga.

Hal ini membuktikan kebesaran Allah SWT dan keistimewaan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul-Nya karena dalam peristiwa tersebut Nabi Muhammad SAW diperintahkan untuk shalat lima waktu setiap siang dan malam.

Peringatan Isra Mikraj tidak hanya dirayakan di dunia nyata, namun juga di dunia maya, khususnya di platform media sosial X (dulu bernama Twitter).

Berbagai ungkapan, doa, dan renungan muncul dengan menggunakan hashtag #IsraMiraj dan kata kunci Allah SWT dan Rasulullah SAW pun menjadi trending topik X hari ini.

Sebelum pemberitaan ini, ada sekitar 1.234 unggahan di platform media sosial Elon Musk.

Berikut beberapa ucapan selamat yang viral di media sosial X:

“Baru kali ini aku mendengar tauziah menceritakan kisah di balik Isra Miraj.. tak ada kalimat yang cocok untuk menggambarkan keterkejutanku.. Mashaa Allah,” kata @A****.

“Selamat memperingati Isra Mi’raj… semoga kita selalu meneladani Rasulullah. Aamiin 🤲🙏,” cuit @r**** di Twitter X.

Akun @h**** menulis: “Semoga kalian diberi keselamatan dan kebahagiaan di hari suci Isra’a Wal Mi’raj 2024 قرون كون كون كون كون كون ونون وست” .

“Selamat memperingati Isra Miraj 1445 H. Semoga kita mendapat hidayah dan keberkahan dalam setiap perjalanan. 🙏 #IsraMiraj #IsraMiraj1445H,” kata @m****.

Akun @B**** mentweet: “Isra Miraj adalah momen penting yang dialami Nabi Muhammad SAW, yang mengakibatkan Allah SWT memerintahkan untuk menunaikan shalat lima waktu. Maka jangan pernah meninggalkan shalat. #IsraMiraj”

Indonesia mempunyai beragam budaya dan tradisi, dengan beragam adat istiadat yang unik dan menarik. Beberapa di antaranya telah menjadi bagian dari sejarah panjang negara ini dan bahkan mungkin terkait dengan peristiwa besar seperti “Revolusi Islam”.

Berikut lima kebiasaan unik yang mungkin dilakukan masyarakat Indonesia sebelum atau saat perayaan Isra Mi’raj. Dihimpun dari berbagai sumber, sebagai berikut:

1. Membaca Al-Quran bersama

Untuk memperingati peristiwa “Miraj”, masyarakat Indonesia kerap mengadakan kegiatan belajar Alquran di masjid atau di rumah. Merupakan adat yang menunjukkan rasa solidaritas dan solidaritas saat merayakan peristiwa penting dalam Islam.

2. Hiasi rumah dengan lampu

Sebelum atau saat Isra Mi’raj, banyak rumah di Indonesia yang dihiasi dengan lampu, terutama pada bagian interiornya. Hal ini dilakukan untuk menghormati dan merayakan malam kejayaan dalam Islam.

Di tengah semangat beribadah di bulan yang terbilang istimewa ini, masyarakat Indonesia cenderung memperbanyak kegiatan keagamaan seperti salat khitanan, sedekah, dan berhitung. Kebiasaan ini mencerminkan pentingnya spiritualitas dan ritual keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Tawarkan hidangan khusus

Saat merayakan Hari Raya, banyak keluarga di Indonesia yang menyajikan hidangan khas untuk dinikmati bersama. Hidangan ini bisa berupa makanan tradisional seperti ketupat, opor ayam atau kuih biasa yang merupakan bagian dari tradisi hari raya keagamaan Indonesia.

5. Lakukan Analisa dan Respon secara bersama-sama

Selain pembacaan Alquran, kegiatan tahlilan dan selawat juga menjadi bagian dari tradisi peringatan Isra Mi’raj di Indonesia. Orang-orang berkumpul di masjid atau rumah untuk memperingati dan memuji Allah SWT serta berdoa memohon berkah dan rahmat-Nya.

Adat istiadat tersebut tidak hanya menjadi wujud keimanan dan persatuan umat Islam Indonesia, namun juga merupakan warisan budaya berharga yang diwariskan dari generasi ke generasi. Dengan menjaga dan menghormati keberagaman tersebut, Indonesia terus memperkuat identitasnya sebagai negara yang kaya akan nilai-nilai agama dan budaya.