Categories
Teknologi

Apple Resmi Izinkan Emulator Game di App Store

bachkim24h.com,┬áJAKARTA — Selain memperbarui pedoman pengembangnya, Apple juga menambahkan model bahasa baru yang memungkinkan emulator game mengakses App Store. Dengan aturan baru ini, aplikasi emulator konsol game retro dapat hadir dan bahkan menawarkan game yang dapat diunduh untuk pengguna Apple.

Tak hanya itu, Apple juga memberikan pengumuman tambahan kepada pengembang melalui email. Melalui email, Apple mengonfirmasi bahwa pengembang dapat membuat dan menjual emulator melalui pasar mereka.

Sebelumnya, App Store tidak mengizinkan penggunaan software emulator. Pengguna Apple yang ingin menggunakan software emulator biasanya perlu melakukan jailbreak atau mendownload perangkat dari pihak ketiga. Dengan cara baru, pengguna mungkin tidak memerlukan langkah-langkah tersebut.

Di sisi lain, Apple mengingatkan pengembang bahwa mereka bertanggung jawab penuh atas perangkat lunak yang mereka tawarkan di aplikasi mereka. Salah satunya adalah tanggung jawab untuk memastikan perangkat lunak mematuhi peraturan yang berlaku.

Mengizinkan emulator masuk ke App Store tidak berarti Apple akan mengizinkan pembajakan game. Artinya, pengembang bahkan tidak diperbolehkan menawarkan produk game tanpa hak cipta.

Perubahan terbaru yang dilakukan Apple terhadap pengembang tampaknya didasarkan pada ketentuan Undang-Undang Pasar Digital yang diterapkan oleh Uni Eropa. Seperti yang Anda ketahui, Undang-Undang Pasar Digital merupakan peraturan yang dirancang untuk mengatasi praktik anti persaingan yang dilakukan perusahaan teknologi besar.

Meski didorong oleh ketentuan Undang-Undang Pasar Digital, pedoman baru Apple tidak terbatas pada Uni Eropa, lapor Engadget, Selasa (9/4/2024). Emulator cara baru ini ditujukan untuk semua pengembang dari berbagai belahan dunia.